Tuesday, January 9, 2018

TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL

TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL

TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL
pakekosusenomatematika.blogspot.com

      Ujian nasional memang menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan pendidikan, baik itu bagi siswa maupun guru. Kesan bahwa ujian nasional merupakan ancaman nyata bagi siswa, atau bisa dikatakan musuh yang sebenarnya bagi mereka adalah ujian nasional. Dari tahun ketahun selalu terjadi hal yang membuat viral di media sosial atau warga net terkait pemberitaan ujian nasional. Even pembagian surat tanda kelulusan menjadi hal yang sangat menakutkan bagi sebagian besar siswa akan tetapi tak jarang pula banyak siswa yang menantikan hasil dari ketekunan belajar mereka. Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus ini merupakan pukulan yang besar bagi jiwa mereka, ketidak siapan mental dalam menghadapi keadaan tersebut menyebabkan banyak anak didik depresi bahkan tak jarang pula menyebabkan terjadinya aksi nekat bunuh diri karena rasa takut akan dimarahi orang tua juga rasa malu yang di derita karena ejekan dari masyarakat. Akan tetapi banyak juga yang lulus kemudian merayakan hasil kelulusannya dengan gempita.

     Semenjak tiga tahun yang lalu atau tahun 2015, ujian sudah tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan. keluluan siswa di serahkan kepada pemangku kebijakan di unit kerja masing masing yaitu sekolah. Sekolah sendiri yang menentukan kriteria kelulusan yang ingin di capai anak didik. Meskipun tidak lagi menjadi tolak ukur kelulusan siswa akan tetapi ujian nasional tetap menjadi trending topik di seluruh penjuru tanah air, hal ini karena sekolah tingkat lanjutan  favorit menggunakan data nilai ujian nasional menjadi salah satu komponen penting dalam penerimaan peserta didik baru. Apalagi sekarang dengan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang mendapat penilian kejujuran yang tinggi. 

Dalam menghadapi ujian nasional 2018 agar siswa sukses dan mendapat nilai yang baik ada beberapa TIPS  yang perlu dilakukan

1. Mental atau semangat ingin sukses ujian nasional

hal ini penting karena semangat atau spirit inilah yang akan membuat siswa kuat dan bertahan dalam tekanan belajar yang tinggi, tanpa adanya semangat maka meskipun setiap hari berangkat mengikuti les privat atau bimbingan belajar hasilnya juga tak akan maksimal. Tanamkan di kepala kalian bahwa saya harus sukses di ujian nasional kali ini!

2. Perbesar porsi belajar.
menambah porsi belajar mata pelajaran ujian nasional wajib dilakukan, maka dari itu manajemen waktu penting untuk dilakukan. Dengan melakukan perampingan kegiatan lain dan menambah porsi belajar maka sukses. Waktu waktu belajar efektif menurut saya adalah jam 8 - 10 malam, serta jam 4 -05.30. Suasana yang sepi dan hening cenderung membuat konsentrasi yang baik

3. Lakukan banyak simulasi ujian nasional.
sebagai seorang siswa kalian harus minta kepada bapak atau ibu guru untuk memberikan latihan ujian nasional yang sesuai dengan kisi kisinya kalau ingin maksimal seminggu sekali latiahan ujian nasional. kemudian kalian catat sendiri dari hasil hasil yang kalian peroleh dan amati perkembangan hasil belajar kalian. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab terhadap nasibmu sendiri.

4. Gunakan trik trik solusi cerdas 
karena soal ujian nasional berbentuk pilihan ganda maka tidak ada salahnya jika kalian mempelajari trik trik solusi cerdas. kalian bisa belajar di blog ini banyak dari trik solusi cerdas. 

Kalian bisa kunjungi menu solusi cerdas matematika di sini .atau jika kalian ingin berlatih soal ujian nasional dan pembahasannya kalian bisa klik di kumpulan soal ujian nasional dan pembahasan  atau prediksi ujian nasional top , juga  soal soal ujian nasional dan pembahasannya dari tahun 2012 -2016 . soal ujian nasional matematika tahun 2017 dan pembahasannya lihat di sisni