Tuesday, June 6, 2017

CARA CEPAT MENYELESAIKAN SOAL RATA-RATA

CARA CEPAT  MENYELESAIKAN  SOAL  RATA-RATA DISTRIBUSI FREKUENSI


rata-rata distribusi frekuensi

      Selamat malam Bapak ibu pendidik matematika  SMP yang sedang berselancar mencari  cara cepat menyelesaikan soal rata-rata distribusi frekuensi. Soal  matematika yang menyangkut permasalahan rata-rata  memang memiliki tantangan tersendiri bagi siswa. Ada yang menganggapnya sedang ada pula yang kesulitan menyelesaikan soal yang berisi permasalahan rata-rata dengan distribusi tabel frekuensi. Bagi anak didik dengan kemampuan berhitung perkalian yang baik dan teliti  memang  soal ini tidak menjadi masalah akan tetapi bagi kalian yang mempunyai kemampuan hitung yang tidak terlalu bagus kadang-kadang  karena kekurang telitian menyebabkan hitungan yang tidak tepat hingga jawaban yang benar pun tidak juga didapat. Apalagi jika sedang bergulat dengan soal ujian nasional yang setiap tahun hampir selalu hadir menghiasi kertas naskah  ujian.

Coba perhatikan tips agar benar dalam mengerjakan soal rata-rata distribusi frekuensi
1.    Selalu memperbaiki keterampilan hitung sederhana siswa.
2.    Rajinlah memfasilitasi anak untuk  berlatih soal soal rata-rata distribusi frekuensi  untuk meningkatkan ketelitian perhitungan
3.    Bantu anak didik agar memiliki  rasa percaya diri saat mengerjakan soal. Hal ini dimaksudkan agar anak bisa fokus dalam mengerjakan soal, tidak bergantung teman yang lain.
4.    Carilah referensi yang banyak mengenai cara cepat mengerjakan soal rata-rata bentuk        distribusi frekuensi.

        Nah dari ke empat tips diatas admin akan singgung item no 4 yaitu cara cepat mengerjakan soal rata-rata bentuk distribusi frekuensi. Cara cepat disini bukan berarti ada formula khusus didalamnya tapi hanya menyederhanakan perhitungan menjadi perhitungan yang lebih kecil. Hal ini akan sangat membantu kalian untuk tidak terjebak dalam kesalahan perhitungan.
Coba perhatikan  ulasan berikut.

1.     Perhatikan tabel di  bawah ini.
Nilai
50
60
70
80
90
Frekuensi
2
4
x
6
3

Tabel di atas menunjukkan data nilai ulangan matematika dari sekelompok siswa. Jika nilai rata-rata dari data tersebut adalah 72 maka banyak siswa yang mendapat nilai di bawah nilai rata-rata adalah....
A.    11
B.    10
C.    9
D.    6

Cara 1
Jika dikerjakan cara biasa menggunakan tabel seperti berikut

Nilai
50
60
70
80
90
Jumlah
Frekuensi
2
4
x
6
3
15 + x
N x f
100
240
70x
480
270
1090 + 70 x


rata-rata distribusi frekuensi























Jadi yang mendapat 70 adalah 5 orang. Sehingga yang mendapat nilai dibawah rata-rata 72 sebanyak 11 siswa

Perhitungan diatas cenderung membuat siswa kesulitan menyelesaikannya, selain angka nya besar juga langkahnya terlalu panjang hal ini sungguh akan membuat siswa jatuh dalam jurang kesalahan perhitungan.

Cara 2
Cara cepat menyelesaikan soal rata-rata bentuk distribusi frekuensi dabawah ini

rata-rata distribusi frekuensi














hasil yang didapat sama yaitu siswa yang mendapat 70 adalah 5 orang. Sehingga yang mendapat nilai dibawah rata-rata 72 sebanyak 11 siswa

Perhitungan cara ke dua lebih sedikit, langkah lebih sedikit, angka lebih sedikit. Dengan asumsi seperti itu maka akan membuat anak didik lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal rata rata bentuk tabel distribusi frekuensi. 

Terimakasihhh