Tuesday, January 2, 2018

hubungan keliling lingkaran dan luasnya

Hubungan Keliling dan Luas lingkaran.

hubungan luas dan keliling lingkaran

A. Pengantar

Pengetahuan tentang hubungan antar keliling dan luas lingkaran sangat diperlukan oleh peserta didik kita. Dengan pengetahuan itu anak anak bisa mengaplikasikannya saat mengerjakan soal soal matematika utamanya. Materi Keliling dan luas bangun datar menjadi indikator yang sering muncul pada kisi kisi ujian nasional matematika SMP. Dari beberapa bangun datar tersebut yang paling mendapat sorotan adalah lingkaran. Mengapa demikian? jawabnya sederhana karena lingkaran memiliki kharakteristik pengerjaan yang menggunakan logika dan teori unik. Coba kita lihat dimana keunikan soal soal lingkaran dan bagaimana kita mengimplementasikan rumus cerdasnya untuk menyelesaikannya.

B. Kajian teori hubungan keliling dengan luas lingkaran.

perhatikan sketsa gambar berikut.

hubungan luas dan keliling lingkaran

Dari hasil di atas maka akan sangat membantu siswa dalam menyelesaikan soal soal ujian nasional atau matematika mengenai hubungan keliling dan luas lingkaran. Kelebihan dari teorema diatas adalah jika diminta menghitung luas lingkaran diketahui keliling lingkaran maka siswa tak perlu mencari berapa dulu jari jarinya, langsung saja gunakan cara pendek yang hanya melibatkan kemampuan hitung, tanpa banyak rumus.

C. Penerapan Rumus

Perhatikan soal Fokus UN erlangga 2018 halaman 209 nomor 25 berikut.
Contoh 1
Keliling sebuah lingkaran adalah 88 cm maka luas lingkaran tersebut adalah
a. 154 cm2                  c. 616 cm2
b. 346 cm2                  d. 1.386 cm2

jawab
hubungan luas dan keliling lingkaran
Mudah bukan? dengan pengerjaan seperti itu maka mengerjakan soal ujian nasional matematika menjadi mudah cepat dan akurat. Tertarik dengan artikel ini segera terapkan untuk pembelajaran bapak atau ibu. Semoga bermanfaat.


Baca Juga