-->

RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013

RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013

Kali ini kita akan berbagi RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013. Himpunan semesta dan diagram venn pada rencana pelaksanaan pembelajaran disajikan dalam satu pertemuan atau setara 3 jam pelajaran. Kedua pokok bahasan ini menjadi dasar dari materi operasi himpunan sehingga pemahaman yang baik pada materi ini menjadi prasyarat dari operasi himpunan.

Untuk mengajarkan himpunan semesta dan diagram venn diperlukan perencanaan yang matang. berikut kami sajikan RPP himpunan semesta dan diagram venn yang sesuai dengan kurikulum 2013 agar bisa menjadi bahan mengajar bagi anda sebagai seorang pendidik.

RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013 ini sudah menggunakan model pembelajaran saintifik jadi sangat baik jika diterapkan pada pembelajaran anda di sekolah masing masing.

RPP himpunan semsesta dan diagram venn kurikulum 2013


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
3.4.1        mengidentifikasi unsur-unsur   himpunan semesta  yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
3.4.2        mengidentifikasi unsur-unsur diagram Venn yang melibatkan konsep matematika;
3.4.3        menyelesaikan soal tentang himpunan semesta
3.4.4        menyajikan  himpunan dengan diagram Venn.

  1.  
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
4.4.1 Menemukan Himpunan Semestadarisuatuhimpunan dalam kehidupan sehari-hari
4.4.2 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dalam diagram Venn dari beberapa himpunan

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      mengidentifikasi unsur-unsur   himpunan semesta  yang melibatkan peristiwa sehari-hari dengan benar
2.      mengidentifikasi unsur-unsur diagram Venn yang melibatkan konsep matematika dengan benar
3.      menyelesaikan soal tentang himpunan semesta dengan benar
4.      menyajikan  himpunan dengan diagram Venn dengan benar
5.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dalam diagram Venn dari beberapa himpunan dengan benar

D.    Materi Ajar
1.      Menentukan himpunan semesta dari suatu himpunan
contoh : Pak Amat mengajar di kelas 7F memberi tugas kepada Joko, Anto dan Tedy.Joko mendata nama depan siswa yang diawali dengan  huruf A, Anto mendata nama depan siswa yang diawali  dengan huruf M dan Tedy mendata siswa  yang tidak didata Joko dan Anto
(1)   langkah apa yang harus dilakukan ketiga siswa tersebut ?
(2)   apakah persamaan tugas ketiga siswa itu ?
(3)   apakah perbedaan tugas ketiga siswa itu ?

Jawab : (1) ketiga siswa mendata nama-nama sesuai tugas yang diberikan
            (2) ketiga siswa melakukan kegiatan yang sama
            (3) Joko mendata siswa yang nama depannya diawali dengan huruf A
Anto mendata siswa yang nama depannya diawali dengan huruf M
Tedy mendata siswa yang tidak termasuk yang didata Joko dan Anto
Perhatikan kembali pekerjaan kamu, langkah pertama yang harus dilakukan Joko, Anto, dan Tedy adalah mencari nama-nama siswa dikelas 7F, selanjutnya memilih nama sesuai dengan ketentuan yang diberikanSeluruh siswa di kelas 7F merupakan himpunan semesta dari himpunan siswa yang namanya dimulai dari huruf A, huruf M dan sisa siswa dikelas 7F
Berdasarkan  masalah-masalah  yang  telah  kita  selesaikan  di  atas,  kita  berikan  definisi himpunan semesta sebagai berikut:
Himpunan  semesta  adalah  himpunan  seluruh  unsur    yang  menjadi  objek  pembicaraan,  dan dilambangkan dengan S.

2.      Menyajikan diagram Venn dari suatu himpunann
Guru menugaskan empat orang siswa untuk menyebut bilangan yang kurang dari 10. Ikhsan menyebut dari bilangan prima, Khayan dari bilangan bulat positif, Noni dari bilangan ganjil positif, dan Mia dari bilangan genap positif. Bantulah keempat siswa itu mengerjakan tugasnya! Apa persamaan dan perbedaan tugas keempat orang siswa itu?
Misalkan himpunan semua bilangan prima yang kurang dari 10 adalah A.
Misalkan himpunan semua bilangan bulat positif yang kurang dari 10 adalah B.
Misalkan himpunan semua bilangan ganjil positif yang kurang dari 10 adalah C.
Misalkan himpunan semua bilangan genap positif yang kurang dari 10 adalah D.
Maka dapat dituliskan:
-    A    =    {2,3,5,7}
-     B    =    {1,2,3,4,5,6,7,8,9}
-     C    =    {1,3,5,7,9}
-     D    =    {2,4,6,8}

Sajikanlah himpunan A, B, C, dan D dalam sebuah diagram venn dengan semesta 
pembicaraannya (S) adalah himpunan bilangan bulat positif.

diagram venn
Aturan dalam pembuatan diagram Venn adalah sebagai  berikut.Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan cara menuliskan anggotanya dalam suatu yang dinamakan  diagram Venn. Aturan dalam pembuatan diagram Venn adalah sebagai 
berikut

(a) Menggambar sebuah persegi panjang untuk menunjukkan semesta dengan mencantumkan huruf S di pojok kiri atas.
(b)  Menggambar bangun tertutup.
(c)  Memberi noktah (titik) berdekatan dengan masing-masing anggota himpunan.

D.  KegiatanPembelajaran
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
3.      Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Himpunan semesta dan diagram Venn dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
5.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
15 menit
Inti
1.    Meminta siswa untuk mengamati langkah-langkah yang dilakukan oleh ketiga siswa tersebut.
2.    Memfokuskan pengamatan pada persamaan dan perbedaan tugas yang dilakukan oleh ketiga siswa.(mengamati)
3.    Memberi penjelasan tentang himpunan semesta yang muncul dari persamaan tugas dari ketiga siswa.
4.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk
5.    Bertanya setelah mereka mengamati.(menanya)

6.    Meminta siswa untuk memahami bagaimana cara menggambar diagram Venn.(mengumpulkaninformasi, menalar)
7.    Memberi kesempatan kepada siswa yang sudah mengerti untuk menjelaskan cara menggambar diagram Venn kepada temannya.(mengkomunikasi)
8.    Memberi bantuan secukupnya bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menggambar diagram Venn.
9.    Meminta siswa mengamati tentang macam-macam diagram Venn (mengamati)
10.                 Membiarkan dulu siswa berpikir tentang macam-macam diagram Venn yang ada dan jangan diberi penjelasan dulu tentang hal tersebut.(mengumpulkan informasi, menalar)
11.   Menyuruh siswa mengemukakan pendapatnya mengenai macam-macam diagram Venn kemudian ditanggapi oleh siswa lain. (mengkomunikasi)
12.   Guru memberikan konfirmasi terkait pendapat dan tanggapan dari siswa.
80menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang pengertian himpunan semesta dan melukis diagram Veen
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru
3.      Guru memberi pekerjaan rumah (contoh 2.5 dan ayo kita menalar)
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan kuis tentang himpunan semesta dan melukis diagram Venn.
25menit

E.Penilaian
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.
1-4
Instrumen: lihat Lampiran 2  
F.Media, Alat, danSumber Pembelajaran
1.   Media
a.       Papantulis
b.      Microsoft Power point
c.       LKPD
2.   Alat
a.       LCD
b.      Layar Proyektor

3.   Sumberpembelajaran
a.       BukuSiswakelas VII Kurikulum 2013
b.      Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013
                                                                                   


Mengetahui                                                                                        Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                               Guru Mata Pelajaran,

Marko, S.Pd                                                                                     Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                                             NIP. 19850113 2009021 003


















LihatTutupKomentar