-->

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

Ada banyak sekali orang yang mengeluh selalu gagal dalam tes wawancara kerja. Padahal tes tes tertulis sebelumnya dapat dilewati dengan mudah. Sebenarnya ada gag sih tips menghadapi tes wawancara kerja ? Bagaimana triks agar suapaya lolos dalam tes wawancara kerja. Kali ini kami akan berikan tips menghadapi tes wawancara kerja dengan detil.

Ada macam macam jenis tes wawancara kerja jika di urai sebagai berikut.
1. Wawancara seleksi atau screening inter view. Wawancara ini terjadi untuk memilih beberapa orang untuk menduduki beberapa jabatan yang tersedia. Tes wawancara ini untuk menyeleksi mana yang paling cocok atau sesuai dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. biasanya 15 - 20 menit

2. Wawancara telepon
tujuan utama nya sebenarnya menghemat waktu dan biaya maka banyak interviewer mnggunakan cara ini untuk melakukan seleksi. maka dari itu pelamar harus setiap saat siap untuk di wawancara lewat telepon

3. wawancara kampus
Sebenarnya tidak banyak interviewer yang melaksanakan wawancara kerja di kampus.

4. Wawancara di Pameran Kerja (Job Fair Interview). 
Pameran kerja diadakan untuk  menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja. Pada pameran kerja biasanya, perusahaan  memberikan berbagai : 
•  informasi mengenai perusahaannya, menerima surat lamaran dan CV dari pengunjung  (pencari kerja), bahkan tidakjarang para recruiter langsung melakukan wawancara di  stand (booth) mereka. Di Indonesia memang pameran seperti ini masih sangat jarang  dilaksanakan jika dibandingkan dengan pameran otomotif, rumah maupun furniture. 
•  Wawancara di Lokasi Kerja (On-Site Interview). Ketika seorang kandidat telah lolos  dalam tahap wawancara seleksi, seringkali perusahaanmengundang kandidat tersebut 
untuk melihat secara langsung lokasi kerja. Pada kesempatan tersebut recruiter biasanya langsung melakukan  wawancara secara mendalam. 
Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja pada  lokasi yang lingkungannya kurang lebih sama, wawancara kerja di lokasi mungkin bisa terasa menakutkan karena  mungkin harus melakukan perjalanan dan berada di wilayah yang tidak ia kenal. 

•  Wawancara Kelompok (Panel or Group Interview). Wawancara kelompok adalah suatu  jenis wawancara kerja dimana para pewawancara (recruiter) terdiri dari 2 (dua) orang atau lebih. Biasanya  wawancara jenis ini dilakukan jika perusahaan memandang bahwa pelamar sudah hampir memenuhi syarat untuk diterima bekerja. Biasanya para penanya dalam wawancara inilah yang memiliki wewenang untuk memutuskan apakah pelamar akan diterima bekerja atau 
tidak. 
•  Wawancara Kasus (Case Interview). Wawancara kerja jenis ini menekankan pada  kemampuan analisis dan pemecahan masalah terhadap suatu kasus tertentu. Biasanya  dalam wawancara kasus, pelamar diminta untuk berperan sebagai pemegang jabatan yang  ditawarkan, lalu diberikan sebuah kasus untuk dicarikan solusinya. 


Tujuan Wawancara Kerja 
Wawancara kerja (job interview) saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Meskipun validitas wawancara dianggap lebih rendah jika dibandingkan dengan metode seleksi yang lain seperti psiko test, namun wawancara memiliki berbagai kelebihan yang memudahkan petugas seleksi dalam menggunakannya. Apapun penilaian pelamar (calon karyawan), wawancara kerja sebenarnya memberikan suatu kesempatan atau peluang bagi pelamar untuk mengubah lowongan kerja menjadi penawaran kerja. 

Mengingat bahwa wawancara kerja tersebut merupakan suatu proses pencarian pekerjaan yang memungkinkan pelamar untuk memperoleh akses langsung ke perusahaan (pemberi kerja), maka "performance" wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menentukan apakah pelamar akan diterimaatau ditolak. Bagi si pelamar, wawancara kerja memberikan kesempatan kepadanyauntuk menjelaskan secara langsung pengalaman,  pengetahuan, ketrampilan, dan berbagai faktor lainnya yang berguna untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak (qualified) untuk melakukan pekerjaan(memegang jabatan) yang ditawarkan. Selain  itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk menunjukkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. 
Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya. Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antarakarakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan  yang ditawarkan. Secara umum tujuandari wawancara kerja adalah: 
1.  Untuk mengetahui kepribadian pelamar 
2.  Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan 
3.  Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan 
4.  Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan 
penawaran kerja. 

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

Dua teknik wawancara yang biasa dipergunakan perusahaan dalam melakukan wawancara kerja adalah  wawancara kerja tradisional dan wawancara kerja behavioral. Dalam prakteknya perusahaan seringkali  mengkombinasikan kedua teknik ini untuk memperoleh data yang lebih akurat. 

1. Wawancara kerja tradisional menggunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka seperti "mengapa anda 
ingin bekerja di perusahaan ini", dan "apa kelebihan dan kekurangan anda". Kesuksesan atau kegagalan dalam wawancara tradisional akan sangat tergantung pada kemampuan si pelamar dalam berkomunikasi menjawab pertanyaan-pertanyaan, daripada kebenaran atau isi dari jawaban yang diberikan. 
Selain itu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan lebih banyak bersifat mengklarifikasikan apa yang ditulis dalam surat lamaran dan CV pelamar. 
Dalam wawancara kerja tradisional, recruiter biasanya ingin menemukan jawaban atas 3 (tiga) pertanyaan: apakah si pelamar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan 
untuk melakukan pekerjaan, apakah si pelamar memiliki antusias dan etika kerja yang sesuai dengan 
harapan recruiter, dan apakah si pelamar akan bisa bekerja dalam team dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan budaya perusahaan. 

2. Wawancara kerja behavioral didasarkan pada teori bahwa "performance" (kinerja) di masa lalu 
merupakan indikator terbaik untuk meramalkan perilaku pelamar di masa mendatang. Wawancara kerja dengan teknik ini sangat sering digunakan untuk merekrut karyawan pada level managerial atau oleh perusahaan yang dalam operasionalnya sangat mengutamakan masalah- masalah kepribadian. 
Wawancara kerja behavioral dimaksudkan untuk mengetahui respon pelamar terhadap suatu kondisi 
atau situasi tertentu sehingga pewawancara dapat melihat bagaimana pelamar memandang suatu 
tantangan/permasalahan dan menemukan solusinya. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan 
antara lain: 
"coba anda ceritakan pengalaman anda ketika gagal mencapai target yang ditetapkan", dan 
"berikan beberapa contoh tentang hal-hal apa yang anda lakukan ketika anda dipercaya menangani 
beberapa proyek sekaligus". 
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut si pelamar perlu mempersiapkan diri untuk mengingat kembali situasi,tindakan dan hasil yang terjadi pada saat yang 
lalu. 
Selain itu, sangat penting bagi pelamar untuk memancing pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut dari 
pewawancara agar dapat menjelaskan secara rinci gambaran situasi yang dihadapinya. Untuk itu 
diperlukan ketrampilan berkomunikasiyang baik dari si pelamar. 
Keberhasilan atau kegagalan dalam wawancara ini sangat tergantung pada kemampuan pelamar dalam menggambarkan situasi yang berhubungan dengan pertanyaan pewawancara secara rinci dan terfokus. 
Dalam wawancara kerja behavioral, si pelamar harus dapat menyusun jawaban yang mencakup 4 (empat) hal: 
(1) menggambarkan situasi yang terjadi saat itu, 
(2) menjelaskan tindakan-tindakan yang diambil untuk merespon situasi yang terjadi,
(3) menceritakan hasil yang dicapai, dan 
(4) apa hikmah yang dipetik dari  kejadian tersebut (apa yang dipelajari). Dalam wawancara behavioral ini teknik yang paling sering dipergunakan adalah yang disebut S-T-A-R atau S-A-R atau P-A-R. 

A. Situation/Problem/Task 

Pelamar diminta untuk menggambarkan situasi yangterjadi atau tugas-tugas yang harus  dilaksanakannya pada masa lalu. Pelamar harus menggambarkan situasi atau tugas tersebut secara  spesifik, rinci dan mudah dipahamioleh pewawancara. Situasi atau tugas yang digambarkan dapat  berasal dari pekerjaan sebelumnya, pengalaman semasa sekolah, pengalaman tertentu, atau berbagai 
kejadian yang relevan dengan pertanyaan si pewawancara 

B. Action 
Pelamar diminta untuk menggambarkan tindakan-tindakan yang diambil dalam menghadapi situasi / 
masalah / tugas di atas. Dalam hal ini pelamar harus bisa memfokuskan pada permasalahan. Meskipun  mungkin permasalahan yang ada ditangani oleh beberapa orang atau team, pelamar harus memberikan  penjelasan tentang apa saja peranannya dalam team tersebut – jangan mengatakan apa yang telah  dilakukan oleh team tetapi apa yang telah dilakukan pelamar sebagai bagian dari team. 

C. Results 
Pelamar diminta menjelaskan hasil-hasil apa saja yang dicapai. Apa saja hambatan yang terjadi jika 
hasil tidak tercapai. Apa yang terjadi kemudian setelah permasalahan tersebut selesai dikerjakan. Lalu  apa pelajaran yang dapat dipetik oleh pelamar dari kejadian tersebut. 

TIPS menghadapi tes wawancara kerja
MENANGANI PERTANYAAN BERSIFAT UMUM 
Pada umumnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja sangat tergantung pada  teknik apa yang digunakan oleh si pewawancara. Jika menggunakan teknik wawancara kerja tradisional  maka pertanyaan-pertanyaan yang seringkali diajukan adalah sebagai berikut: 
1.  Jelaskan pada saya bagaimana anda menggambarkan diri anda? 
2.  Apa kelebihan dan kekurangan anda? 
3.  Apa saja prestasi yang pernah anda raih padapekerjaan yang terdahulu / ketika sekolah? 
4.  Mengapa anda berhenti dariperusahaan yang lalu? 
.  Apa tugas-tugas anda pada pekerjaan yang lalu? 
6.  Darimana anda mengetahui perusahaan ini? 
7.  Mengapa anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini? 
8.  Jika anda diterima bekerja untuk jabatan ini, apa yang akan anda lakukan? 
9.  Apa itu professionalisme menurut anda? 
10. Apa itu teamwork menurut anda? 
11. Apa hoby anda? 
Dalam wawancara yang menggunakan teknik wawancara kerja behavioral, maka pertanyaan-pertanyaan 
di atas seringkali ditambahkan dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 
1.  Ceritakan pada saya/kami kapan anda mengalamisuatu situasi yang sangat tidak menyenangkan 
dan bagaimana anda berhasil keluar dari situasi tersebut. 
2.  Ceritakan pada saya/kami bagaimana anda meyakinkan klien anda ketika anda melakukan 
presentasi. 
3.  Coba anda ceritakan bagaimana anda mengatasisituasi dimana anda harus melakukan banyak 
tugas dan anda harus membuat prioritas tugas mana yang harus didahulukan. 
4.  Bisakah anda ceritakan keputusan apa yang paling sulit anda buat dalam setahun terakhir ini? 
Mengapa demikian? 
5.  Ceritakan mengapa team anda gagal mencapai target pada tahun sebelumnya dan bagaimana 
anda memotivasi team tersebut sehingga dapat meraih sukses di tahun berikutnya. 
6.  Bagaimana cara anda menyelesaikankonflik? Bisa beri contoh? 
7.  Bisakah anda ceritakan suatu kejadian dimana anda mencoba untuk menyelesaikan suatu tugas 
dan ternyata gagal? 
8.  Ceritakan apa yang anda lakukan ketika dipaksa membuat suatu aturan yang tidak 
menyenangkan bagi karyawan tetapi menguntungkan bagi perusahaan. Sebagai suatu proses 
yang melibatkan interaksi antara kedua belah  pihak, dalam wawancara kerja si pelamar juga 
biasanya diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Oleh karena itu akan sangat baik 
jika pelamar mempersiapkan beberapa pertanyaan, misalnya: 
•  Apa yang diharapkan dari saya jika saya diterima untuk jabatan ini? 
•  Menurut pengalaman di sini, apa yang merupakan tantangan 
•  terbesar bagi pemegang jabatan ini? 
•  Apakah ada pelatihan (internal maupun eksternal) yang dapat membantu saya untuk lebih 
berperan jika saya diterima bekerja di perusahaan ini? 
•  Adakah ada hal-hal khusus di luar uraian jabatan yang harus saya selesaikan dalam 
waktu tertentu? 

MENANGANI PERTANYAAN BERSIFAT PRIBADI 
Berbeda dengan kondisi di negara-negara barat dimanahak individu sangat dijunjung tinggi dan telah 
memiliki perangkat hukum sangat memadai tentang hal-hal yang mengatur hak-hak pribadi seseorang  sehingga para recruiter (pewawancara) sangat berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan, di Indonesia justru sebaliknya. 
Dalam wawancara kerja di perusahaan-perusahaan di Indonesia seringkali pewawancara justru banyak menggali masalah-masalah yang bersifat pribadi. Contoh: Menanyakan latarbelakang pelamar (orangtua, saudara, istri,  anak, status, agama, suku bangsa, umur) adalah  merupakan hal yang dianggap biasa. Meskipun seringkali pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak  memiliki relevansi dengan jabatan yang dilamar, pelamar harus menyiapkan diri untuk merespon  pertanyaan-pertanyaan tersebut secara tepat dengan cara-cara yang elegan. Para penanya mungkin saja  tidak bermaksud untuk menyudutkan pelamar, tetapi lebih didasarkan pada kepedulian mereka terhadap

kecocokan antara pelamar (calon karyawan) dengan budaya yang ada dalam perusahaan. Oleh karena 
itu jika pelamar ditanyakan mengenai hal-hal yang dirasa tidak berhubungan dengan pekerjaan yang  ditawarkan, pelamar harus mampu mengidentifikasi apa makna dibalik pertanyaan tersebut. Untuk  merespon pertanyaan- pertanyaan yang bersifat pribadi, pelamar dapat melakukan beberapa alternatif: 
1.  Pelamar bisa mengklarifikasi kepada penanya apa relevansi pertanyaan yang diajukan dengan  jabatan yang dilamar sehingga penanya dapat menjelaskan lebih jauh hubungannya dengan  pekerjaan, lalu berikan jawaban yang tepat. 
2.  Pelamar dapat menjawab langsung secara diplomatis dengan kesadaran penuh bahwa pertanyaan  tersebut memang tidak memiliki hubungan langsung dengan pekerjaan / jabatan yang dilamar. 
3.  Pelamar bisa juga menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut jika dirasa sangat mengganggu  privacy pelamar. Jika hal ini terpaksa dilakukan, maka harus dilakukan dengan cara-cara halus  dan  diplomatis sehingga recruiter tidak merasa dilecehkan karena dianggap telah memberikan  pertanyaan yang keliru. 

FAKTOR-FAKTOR NEGATIF HARUS DIHINDARI 
Beberapa faktor, baik fisik maupun psikologis, yang harus diwaspadai oleh pelamar adalah faktor-faktor 
negatif yang menjadi perhatian pewawancara. Faktor-faktor tersebut misalnya: 
1.  Penampilan diri yang terlihat tidak professional (dandanan menor, pakaian yang tidak enak 
dilihat, tidak rapi, dan tidak sesuai suasana) 
2.  Bersikap angkuh, defensive atau agresif . 
3.  Ogah-ogahan (tidak terlihat antusias atau tertarik dengan materi pembicaraan yang diajukan 
(pewawancara). 
4.  Gugup. 
5.  Sangat menekankan pada kompensasi yang akan diterima. 
6.  Selalu berusaha mencari-cari alasan atas setiap kegagalan yang pernah dialami di masa lalu. 
7.  Tidak bisa berdiplomasi, tidak matang dan kurang bisa bersopan santun. 
8.  Menyalahkan perusahaan atau bekas atasan atasan dimasa lalu, atau mengeluhkan perubahan 
teknologi yang cepat. 
9.  Tidak bisa fokus dalam menjawab pertanyaan atau pembicaraan pewawancara. 
10. Gagal memberikan pertanyaan kepada pewawancara 
11. Berulang kali bertanya: "apa yang dapat diberikan perusahaan kepada saya kalau saya 
melakukan ......?" 
12. Kurang persiapan: gagal memperoleh informasi penting seputar perusahaan, gagal menjawab 
pertanyaan-pertanyaan pewawancara dan tidak bisa mengajukan pertanyaan bermutu kepada 
pewawancara.

SOLUSINYA : 
Bagi anda pencari kerja yang dipanggil untuk menjalani wawancara kerja, mungkin ada baiknya anda  memperhatikan beberapa saran dibawah ini. 
Lakukan hal-hal berikut: 
Pastikan anda sudah tahu tempat wawancara, Jika tidak diberitahu terlebih dahulu jenis pakaian apa  yang harus dipakai, maka gunakan pakaian yang bersifat formal, bersih dan rapi. Mempersiapkan diri  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan pewawancara. Usahakan untuk tiba 10 (sepuluh) menit lebih awal, jika terpaksa terlambat karena ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan (pewawancara). Sapa satpam atau resepsionis yang anda temui dengan ramah. 
Jika harus  mengisi formulir, isilah dengan lengkap dan rapi. Ucapkan salam (selamat pagi / siang / sore) kepada  para pewawancara dan jika harus berjabat tangan, jabatlahdengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas). 
Tetaplah berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak dan  seimbang. Persiapkan surat lamaran dan CV anda. Ingat dengan baik nama pewawancara. Lakukan  kontak mata dengan pewawancara. Tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan pewawancara.  Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan. Gunakan bahasa formal, bukan prokem atau bahasa gaul kecuali anda diwawancaraiuntuk mampu menggunakan bahasa tersebut. 
Tampilkan hal-hal positif yang pernah anda raih. Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi. Tunjukkan apa yangbisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda . Jelaskan serinci mungkin hal-hal yang ditanyakan oleh pewawancara.  Ajukan beberapa pertanyaan bermutu diseputar pekerjaan anda dan bisnis perusahaan secara umum.  Berbicara dengan cukup keras sehingga suara jelas terdengar oleh pewawancara. Akhiri wawancara 
dengan menanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Ucapkan banyak terima kasih kepada 
pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda. 

HAL-HAL BERIKUT HARUSANDA PERHATIKAN : 
Jangan Berasumsi bahwa anda tahu tempat wawancara, padahal anda tidak yakin. 
Melatih diri untuk menjawab pertanyaan yang kira-kira akan diajukan pewawancara. Berpakaian rapi 
dan sopan sesuai standart ketimuran dan jangan berlebihan/mencolok. Jangan Datang terlambat (paling 
lambat 15 menit sebelum dimulai harus sudah datang/siap). Membawa surat lamaran dan CV dalam 
map yang rapi dan disusun yang benar agar bila ditanyakan anda mudah mengambilnya/tidak gugup dan 
berantakan. Jangan menganggap remeh satpam, resepsionis bahkan pewawancara. Menjabat tangan 
pewawancara dengan tegas namun sopan (jangan lemas dan gemetar). Jangan Merokok, mengunyah 
permen atau meludah selama wawancara. Jangan duduk selonjor atau bersandar. Jangan berbicara terlalu keras atau terlalu lembut. 

Jangan Membuat lelucon/berusaha melucu.

Jangan menjawab sekedarnya saja, seperti "ya" atau "tidak" atau"tidak tahu" atau "entahlah". Jangan terlalu lama berpikir setiap kali  menjawab. Jangan sekali-kali mengalihkan topik pembicaraan kehal-hal yang tidak ada hubungan  dengan pekerjaan. Jangan menyalahkan mantan atasan, mantan rekan kerja atau perusahaan yang lama  (jangan menjelek-jelekkan tempat kerja yang lama). Jangan memberikan jawab palsu, berbohong atau memanipulasi data. 

Jangan menanyakan gaji dan fasilitas yang diterima pada saat wawancara seleksi  dimana anda belum tahu kemungkinan anda akan diterima atau tidak. 

Jangan memperlihatkan rasa  putus asa anda dengan menunjukkan bahwa anda mau bekerja untuk bidang apa saja dan mau  melakukan apa saja asal bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut. 

Jangan membahas hal-hal negatif dari anda yang akan merugikan diri anda sendiri. Jangan mengemukakan hal-hal yang dianggap masih  kontroversial. Jangan menelpon atau menerimatelepon, atau membaca buku selama wawancara sebaiknya hand phone dimatikan sewaktu wawancara). 

Jangan sampai  salah menyebut nama  pewawancara (sebaiknya hafalkan nama beliau). Harus mengajukan pertanyaan pada saat diberikan 
kesempatan untuk bertanya. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada para pewawancara

Sekian dan terimakasih

File lengkap bisa di download pada link berikut


LihatTutupKomentar