-->

Pengalaman mengikuti pretes PPG 2018

Pengalaman mengikuti pretes PPG 2018


Hari ini , sabtu tanggal 5 Mei 2018 saya berangkat menuju tempat ujian CAT pretes PPG 2018 tepatnya di SMA 1 Purwodadi kabupaten Grobogan. Pengalaman mengikuti pretes PPG baru pertama kali saya lakukan dan wauw sungguh tes yang sangat mengesankan. Kesempatan ini akan saya bagikan kepada anda semua hasil review pengalaman pretes PPG 2018 yang saya alami pagi tadi.

Sebelum bercerita panjang lebar, perkenalkan saya adalah seorang guru Sekolah Dasar dari salah satu kabupaten Grobogan. Iseng daftar PPG dari SIM PKG  karena saya adalah guru honorer sekolah yang biasanya tak boleh mengikuti even ini namun entah kenapa pada tahun ini agagnya diberi kelonggaran untuk berpartisipasi mengikuti pretes PPG 2018 ini.

Berbekal soal soal ujian tulis nasional PLPG tahun tahun sebelumnya yang di berikan suami saya untuk saya pelajari, di bekal itulah yang saya  miliki untuk bisa mengerjakan soal soal PPG 2018. Saya juga searching sana sini dan mengikuti berbagai grup pretes PPG di komunitas whatsapp untuk mendapatkan gambaran soal soal yang akan di keluarkan di ujian tersebut. Kali aja ada yang nyantol di kepala.

Namun setelah hari ini saya berhadapan dengan soal soal PPG duh ternyata diluar dugaan saya. soal soal yang dikeluarkan pada dasarnya bukan soal yang rumit namun yang menjadi kendala adalah waktu yang sangat minim. Soal PPG 2018 ini terdiri dari soal paedagogik, soal profesional 70 soal, TPA 40 nomor dan soal bakat minat serta soal uraian 2 nomor. Maaf lupa soal paedagogiknya berapa ya 30 kayaknya dan soal bakat minat kalau tidak salah 20 nomor. 

Masing masing kategori soal PPG tersebut di berikan alokasi waktu. Paedagogiknya lupa berapa tadi , profesional dari 70 nomor hanya diberikan waktu 60 menit. Soal tes potensi akademik soal ada 40 waktu hanya 20 menit, nah gila gag tuh. soal bakat minat 20 dengan waktu 25 menit. Waktu yang minim tersebut saya kira tak akan bisa mengerjakan keseluruhan soal ya. apalagi soal tes potensi akademik yang hanya di berikan waktu setengah menit untuk mengerjakan 1 soal. Minimnya waktu ini akan membuat kita shok dan larut dalam kekecewaan, banyak sekali soal yang tidak terbaca padahal mungkin soal soal itu ada yang mudah.

 Ya itulah pengalaman mengikuti pretes PPG 2018 yang saya dapatkan tadi pagi, mengenai soal soalnya sebenarnya apa yang di sampaikan suami saya benar adanya, untuk soal profesional dan paedagogik kharakteristik soalnya sama dengan soal UTN PLPG 2018, soal TPA miri banget dengan soal TIU dan soal bakat minat juga kurang lebihnya sama dengan soal soal CPNS lah. Untuk soal uraian ada dua , pada pagi ini saya dapat soal apa itu makna pancasila dan apa itu guru profesional dan maukah di tempatkan dimana sebagai seorang guru.

Jika kawan kawan membutuhkan soal soal UTN dan TIU  yang saya pelajari anda bisa unduh soal soalnya di link di bawah ini.
Sekian pengalaman mengikuti pretes PPG 2018 yang dapat saya bagikan. 
LihatTutupKomentar