-->

RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013

RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013

RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013

Materi lingkaran adalah salah satu materi dengan tingkatan kesulitan sedang sampai tinggi atau sulit. Oleh karena itu diperlukan perencanaan pembelajaran yang tepat agar daya serap siswa terhadap materi ini bagus. Dibawah ini kami sajikan contoh RPP lingkaran untuk kelas 8 kurikulum 2013. Rpp lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 ini memuat 4 materi utama yaitu 
v  Unsur-unsur lingkaran
v  Keliling dan luas lingkaran
v  Sudut pusat dan sudut keliling
v  Panjang busur dan luas juring

Karena konten materi yang akan disampaikan termasuk banyak maka kami membuat RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 ini dengan mengalokasikan waktu 12 jam pelajaran atau boleh dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan skema 2,3,2,3,2. Ibu bapak bisa menyesuaikan dengan kondisi real pembelajaran anda.

Mari kita langsung saja ke RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 berikut.
Jika anda ingin mendapatkan file RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 silahkan unduh di sini


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :    SMP Negeri 1 Purwodadi
                                       Mata Pelajaran         :     Matematika 
                                       Kelas/Semester         :     VIII (delapan)/2(dua)
                                       Pokok Bahasan        :     Lingkaran
                                       Alokasi Waktu         :     12 jam pelajaran (5 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7 Menurunkan rumus untuk menentukan rumus keliling dan luas lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kotekstual

3.8 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
1. Mengenal Lingkaran
2. Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
3. Menurunkan rumus untuk menentukan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.

1. Menentukan hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling
2. Menentukan panjang busur dan luas juring
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran

4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
1. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.



1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
                  Peserta didik dapat mengenal lingkaran
Pertemuan kedua :
1.      Peserta didik dapat menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
2.      Peserta didik dapat menurunkan rumus untuk menentukan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
Pertemuan ketiga :
1.      Peserta didik dapat menentukan Hubungan antara Sudut Pusat dengan Sudut Keliling
2.      Peserta didik dapat menentukan Panjang Busur dan Luas Juring

Pertemuan keempat :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
Pertemuan kelima :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab

D. Materi Pembelajaran
v  Unsur-unsur lingkaran
v  Keliling dan luas lingkaran
v  Sudut pusat dan sudut keliling
v  Panjang busur dan luas juring

E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat          : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kelima             : Model Pembelajaran Kooperatif

F.  Media dan Bahan
1.      Media              : Media audiovisual yang berkaitan dengan lingkaran
2.      Bahan              : Bahan yang berkaitan dengan lingkaran

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar            : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi Mengenal lingkaran dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan Mengenal lingkaran secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan Mengenal lingkaran.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait Mengenal lingkaran.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan kedua (3 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual dengan tanya jawab
3.      Guru membahas PR
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan ketiga (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring dengan tanya jawab
3.      Guru membahas PR
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan keempat (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran dengan tanya jawab
3.      Guru membahas PR
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan kelima (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya dengan tanya jawab
3.      Guru membahas PR
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

I.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
b.      Sikap Sosial
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
c.       Kompetensi Pengetahuan
                                            i.      Teknik Penilaian       : Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
d.      Kompetensi Keterampilan
                                            i.      Teknik Penilaian       :  Tugas Individu
                                          ii.      Bentuk Instrumen    :  Masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
                                        iii.      Contoh Instrumen    :  (terlampir)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi



Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002

Purwodadi,  3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran



Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001

















a
LihatTutupKomentar